Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kapas Cinde (Asclepias Curassavica L.)

 Tanaman kapas cinde yakni tanaman semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Kapas Cinde (Asclepias Curassavica L.)
Tanaman Kapas Cinde (Asclepias Curassavica L.)


Deskripsi Tanaman Kapas Cinde

Tanaman kapas cinde yakni tanaman semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman kapas cinde biasanya sanggup dijumpai disekitar hutan, pinggir jalan, pekarangan rumah. Nama latin dan nama ilmiah tanaman kapas cinde ialah Asclepias Curassavica L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman kapas cinde mempunyai nama Lood Flower, atau Blood Flower, Cotton Bush, hierba De La Cucaracha, Mexican Butterfly Weed, Redhead, Scarlet Milkweed,  dan Wild Ipecacuanha. Menurut sejarah asal tanaman kapas cinde ini berasal dari tempat Amerika Tropis. Persebaran tanaman kapas cinde dari tempat Benua Amerika, Kepulauan Virginia,  Asia Seperti China, Indonesia dan Australia. Ciri fisik dan karakteristik tanaman kapas cinde mempunyai daun yang memanjang, berbunga kecil berwarna merah dan kuning. Fungsi dan kegunaan tanaman kapas cinde bagi masyarakat terkadang dianggap sebagai tanaman hias saja. Namun yang tak kita ketahui ternyata tanaman kapas cinde ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat dalam mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kapas Cinde

Indonesia : Kapas Cinde

Klasifikasi Tanaman Kapas Cinde

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Asclepiadaceae
Genus: Asclepias
Spesies: Asclepias curassavica L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kapas Cinde


Tanaman kapas cinde merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman biduri-bidurian (Asclepiadaceae). Tanaman kapas cinde ini tanaman semak tahunan  yang sanggup tumbuh setinggi 1 m (3,3 kaki) dan mempunyai tangkai berwarna abu-abu pucat. Daun tanaman kapas cinde tersusun berlawanan dengan batangnya dan berbentuk tombak atau berbentuk antara memanjang hingga lanset. Bunga tanaman kapas cinde bunga beragam terdiri dari 10-20 bunga. Bunga tanaman kapas cinde berwarna merah pada bab luarnya dan kuning pada bab dalam bunganya, berbunga sepanjang tahun dengan ukuran 5-10 cm. Buah tanaman kapas cinde berbentuk elips ramping menyerupai torpedo.  Biji tanaman kapas cinde berwarna coklat yang berbentuk lingkaran telur dan mempunyai ukuran panjang 6-7 mm. Budidaya kapas cinde ini berkembang biaknya dengan cara semai biji. Habitat tanaman kapas cinde berada pada tempat tropis padang rumput, tanah tandus dan sepanjang pinggir jalan pada ketinggian dari permukaan maritim hingga lebih dari 1.500 meter.

Bagian Tanaman  Kapas Cinde Yang Digunakan

Getah, Akar, daun, dan bunga kapas cinde. 

Kandungan Tanaman Kapas Cinde

Tanaman kapas cinde mengandung glikosida jantung yang mencakup asclepin, calotropin, uzarin , genin bebasnya, calactin, coroglucigenin, uzarigenin,  asam oleanolic, ß- sitosterol, dan glikosida asclepin. Getah tanaman kapas cinde mengandung quercetin, asam caffeic, sterol, flavonoid, karbohidrat, asam lemak dan asam lendir

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kapas Cinde Bagi Kesehatan

  1. Akar tanaman kapas cinde bermanfaat untuk obat penurun panas
  2. Rebusan akar tanaman kapas cinde dipakai dalam pengobatan disentri dan sebagai obat kumur untuk mata yang terinfeksi.
  3. Akar tanaman kapas cinde berguna untuk dipakai sebagai emetik ( Anti mual dan muntah) dan pencahar.
  4. Pasta yang terbuat dari daun yang dihancurkan, dikombinasikan dengan garam, minyak sayur dan roti, dipakai untuk mengobati borok atau nanah di kulit.
  5. Jus dari seluruh tanaman dipakai untuk mengobati kurap, luka, ruam, dan dermatitis.
  6. Ekstrak dari getah tanaman kapas cinde dipakai untuk merangsang sistem saraf pusat 
  7. Tanaman kapas cinde untuk obat antihypercholesterolemic (mengurangi kolesterol), anti prostat, dan oestrogenik.
Catatan 

Konsumsilah herba tanaman kapas cinde ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kapas Cinde (Asclepias Curassavica L.)"