Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sambang Getih (Hemigraphis Alternata)

 Tanaman  sambang getih yaitu flora yang sering kita jumpai ada disekitar  kita Manfaat Sambang Getih (Hemigraphis Alternata)
Sambang Getih (Hemigraphis Alternata)

Deskripsi Sambang Getih

Tanaman sambang getih yaitu flora yang sering kita jumpai ada disekitar kita. Tanaman sambang getih biasanya ditanam di dalam pot, pekarangan rumah, halaman depan rumah dan tempat lainnya. Nama latin sambang getih yaitu Hemigraphis Alternata. Sedangkan dalam bahasa Inggris sambang getih mempunyai nama Red Ivy. Menurut sejarah asal seruan sambang getih ini berasal dari Indonesia tepatnya pada pulau Jawa dan Sumatera. Persebaran sambang getih dari Indonesia, Malaysia, Filipina, India. Ciri-ciri fisik sambang getih ini mempunyai ukuran yang kecil dan daunnya berwarna sedikit kemerahan. Fungsi dan kegunaan sambang getih bagi sebagian masyarakat dipakai untuk flora hias alasannya flora ini mempunyai daun yang indah dan bagus sehingga cocok dipakai menghias halaman depan rumah atau taman-taman, dan juga dipakai sebagai perwarna alami merah bau tanah pada kain katun dulu pada dikala zaman penjajahan. Namun yang tak kita tahu ternyata sambang getih ini sanggup dipakai sebagai obat herbal alami dalam pengobatan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Klasifikasi Sambang Getih

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Hemigraphis
Spesies: Hemigraphis alternata (Burm. f.) T. Anderson

Nama Daerah Sambang Getih

Melayu : Binalu Api
Sunda : Remek Daging, Reundeu Beureum
Jawa :  kĕji bĕling, sambang gĕtèh, sarap
Jakarta : pecah kaca
Ternate : lire
Malay : Kemoja Batu

Anatomi dan Morfologi Sambang Getih

Tanaman sambang getih merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora berbunga (Acanthaceae). Tumbuhan sambang getih ini termasuk pohon terna dengan batang yang berukuran kecil tergeletak diatas tanah dan merayap. Tanaman sambang getih mempunyai bentuk batang yang bulat, bercabang, beruas-ruas, dan berwarna ungu. Akar sambang getih termasuk tunggang, dan putih-kekuningan. Daun sambang getih tunggal, bertangkai, letaknya saling berhadapan, helaian daun sambang getih berbentuk lingkaran telur, dengan ujung yang meruncing, dengan ukuran 7-11 × 4-6 cm. Warna daun sambang getih berwarna merah ungu dengan tekstur yang mengkilap agak kelabuan di kepingan atas, dan merah anggur di kepingan bawahnya. Bunga sambang getih ini termasuk bulir, dengan ukuran panjang 5-10 cm, berukuran agak kecil. Daun sambang getih pelindungnya (braktea) 0,5-0,7 inci, berbentuk lonjong meruncing, dan berambut berangasan pada tepi daunnya. Pada literatur lain menyebut bahwa sambang getih ini mempunyai bunga tunggal, bukan majemuk. Kelopak bunga sambang getih terbagi 5, berwarna ungu, mahkota bunga sambang getih berbentuk corong, dengan benang sari dua. Kepala sari sambang getih berwarna putih, putiknya berbentuk benang, dengan kepala berwarna merah dan putih. Buah sambang getih buahnya berbentuk kotak, dengan ukuran panjangnya 25 inci, dan berukuran agak kecil. Buah sambang getih berwarna hijau, dan berbentuk kotak lonjong. Buah sambang getih  ini bentuknya sedikit pipih, agak lingkaran telur, dengan biji sebanyak 10-12 pada satu buah, letaknya menempel hampir merata. Pada biji-biji sambang getih, bertekstur gundul, putih, kecuali di ujungnya. Budidaya Sambang getih ini berkembang biak dengan cara stek batang. Habitat sambang getih berada pada dataran rendah dan kawasan pegunungan, pada tempat terbuka, yang banyak terdapat sinar matahari. Dan juga sambang getih sanggup ditemui sampai 400 mdpl, pada hutan sekunder.

Bagian Sambang Getih Yang Digunakan

Daun, batang, dan akar.

Kandungan Sambang Getih

Daun sambang getih mengandung flavonoid, polifenol, tanin, kalium tinggi dan kadar natrium rendah; batang sambang getih mengandung saponin dan tanin, Akar sambang getih mengandung flavonoid dan polifenol.

Manfaat dan Khasiat Sambang getih Untuk Kesehatan
  1. Khasiat sambang getih berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes.
  2. Sambang getih untuk memperlancar air seni.
  3. Sambang getih dipakai sebagai obat penahan pendarahan (hemostatik)
  4. Manfaat daun sambang getih  untuk disentri, dan hemoroid (wasir).
  5. Khasiat daun sambang getih untuk menurunkan panas ada demam.
  6. Manfaat sambang getih berkhasiat untuk mengobati kepingan atau mencret.
Catatan

Konsumsilah herba sambang getih ini dengan bijak dan sesuai dengan takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sambang Getih (Hemigraphis Alternata)"