Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
link:Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
Artikel Menarik:

Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

 Kayu kuning yaitu tumbuhan terna merambat yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)


Deskripsi Kayu Kuning

Kayu kuning yaitu tumbuhan terna merambat yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Nama latin tumbuhan kayu kuning yaitu Arcangelisia Flava Merr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan kayu kuning mempunyai nama Yellow-fruited moonseedMenurut sejarah asal permintaan tumbuhan kayu kuning berasal dari Hainan (China). Persebaran tumbuhan kayu kuning dari tempat Semenanjung Malaysia (Perak), Vietnam, Thailand, Laos, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Filipina , Sulawesi, Talaud Island., Halmahera, New Guinea. Ciri-ciri fisik tumbuhan akar kuning ini mempunyai kayu yang berwarna kuning dengan daun yang berbentuk lingkaran lonjong. Fungsi dan kegunaan tumbuhan kayu kuning bagi sebagian masyarakat guna kayu kuning mungkin dianggap sebagai tumbuhan liar saja. Namun yang tak kita ketahu tumbuhan kayu kuning ini sanggup juga dipakai sebagai obat kayu kuning dalam pengobatan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kayu Kuning

Indonesia : Kayu Kuning
Sunda :  areuy ki koneng
Jawa : Sirawan Kunyit
Maluku : Daun Bulan
Sumatra : Kayu Kunino
Wall bulan, Wari bulan (Ambon); Gumi modoku, Mololeya gumini (Halmahera Utara).
Malaysia: mengkunyit

Klasifikasi Kayu Kuning

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Magnoliidae
Ordo: Ranunculales
Famili: Menispermaceae
Genus: Arcangelisia
Spesies: Arcangelisia flava Merr
Anatomi dan Morfologi Tanaman Kayu Kuning

Tanaman kayu kuning merupakan salah satu jenis dari keluarga tumbuhan berbunga (Menispermaceae). Kayu kuning ini termasuk tumbuhan terna, memanjat, menahun, yang ukuran tanamannya sanggup mencapai 20 m. Batang kayu kuning berbentuk bulat, membelit, kasar, berwarna coklat kehitaman, kayu berwarna kuning cerah. Akar kayu kuning ini tunggang, berwarna coklat kehitaman. Daun kayu kuning tunggal, tersebar, berseling, tangkai silindris, pangkal membulat, panjang 10 – 20 cm, bentuk oval, ujung runcing, pangkal tumpul tepi rata, panjang 15 – 20 cm, lebar 10 – 16 cm, pertulangan menjari, permukaan licin, kaku, hijau cerah mengkilat. Bunga kayu kuning ini majemuk, terletak di ketiak daun, bentuk malai dengan daun penumpu, bunga sempurna, berkelamin ganda, kelopak berlepasan, bentuk segitiga, panjang 2 – 8 mm, hijau, benang sari jumlah 6, kepala sari bulat, kepala putik beruang 3, kuning, mahkota berlepasan, bentuk asimetris, 6 helai, halus, kuning.  Kayu kuning berbunga pada bulan Juli hingga September. Buah kayu kuning berbentuk kotak, berusuk 3, bulat, permukaan berbulu, hijau. Biji kayu kuning berbentuk bulat, kasar, kecil, coklat. Budidaya kayu kuning ini berkembang biak dengan cara biji. Habitat tumbuhan kayu kuning berada pada tempat berbatu, tepi sungai dan hutan pada ketinggian hingga dengan 1000 m dari permukaan air laut
Bagian Tanaman Kayu Kuning Yang Digunakan

Kayu, bunga, dan daun

Kandungan Tanaman Kayu Kuning 

Tanaman kayu kuning mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.

Manfaaat Kayu Kuning Bagi Kesehatan
  1. Kayu kuning khasiatnya sebagai obat sakit kuning.
  2. Khasiat kayu kuning untuk mengobati sakit cacingan.
  3. Manfaat kayu kuning berkhasiat untuk mengobati sakit sariawan.
  4. Tanaman  kayu kuning untuk antiseptik.
  5. Rebusan kayu kuning dipakai untuk membersihkan luka, nanah dan iritasi kulit lainnya.
  6. Bunga kayu kuning berkhasiat sebagai obat sakit disentri.
  7. Tanaman kayu kuning bermanfaat sebagai obat sakit   perut, obat penurun panas, ekspektoran, dan tonik.
Catatan 

Konsumsilah obat herba tumbuhan kayu kuning ini dengan bijak dan sesuai takaran.




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Semogga postingan Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Kayu Kuning (Arcangelisia Flava Merr)"

Posting Komentar