Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Murbei (Morus Alba L)

 Tanaman murbei ialah tanaman buah yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Murbei (Morus Alba L)
 Tanaman Murbei (Morus Alba L)


Deskripsi Tanaman Murbei

Tanaman murbei ialah tanaman buah yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman murbei biasanya ditanam pada pekarangan rumah, halaman depan rumah, didalam pot terkadang juga hidup secara liar dihutan. Nama latin tanaman murbei adalah Morus alba L. Sedangkan dalam bahasa inggris nama lain dari tanaman murbei ialah white mulberry.  Menurut sejarah asal seruan tanaman murbei ini berasal China Utara. Persebaran tanaman murbei ini dari kawasan Asia : China, Korea, Irak, Iran, Indonesia, Malaysia; Afrika : Zambia, Afrika Selatan, Mauritania; Amerika Utara, Amerika Selatan; Eropa : Italia, Hungaria, Rusia,Yunani. Ciri fisik dari tanaman murbei ini tanaman berkayu mempunyai daun yang lonjong bergerigi dengan buah yang berwarna merah kehitaman. Karakteristik tanaman murbei ini buahnya mempunyai rasa asam manis. Fungsi dan kegunaan tanaman murbei bagi sebagian masyarakat di Indonesia ini buahnya dipakai sebagai masakan sedangkan daun tanaman murbei dipakai untuk pakan ulat sutra, kulit batang tanaman murbei sanggup dipakai untuk menciptakan kertas, dan juga daun muda dari tanaman murbei ini sanggup dipakai sebagai sayuran. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman murbei ini sanggup juga dipakai sebagai obat herbal tanaman murbei dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Murbei

Jawa : Murbai, Besaran
Sumatera : Kerta, Kitau

Klasifikasi Tanaman Murbei

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae
Genus: Morus
Spesies: Morus alba L.

Antomi dan Morfologi Tanaman Murbei

Tanaman murbei merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman ara-araan (Moraceae). Tanaman murbei ini tanaman semak pohon dengan ukuran sekitar 5-20 m. Batang tanaman murbei berbentuk bundar dikala batang masih muda berwarna hijau kehitaman sehabis bau tanah akan berwarna coklat. Daun tanaman murbei tunggal berbentuk lonjong dengan tepi daun yang bergerigi, ujung daun tanaman meruncing, berwarna hijau, dan mempunyai ukuran 20 cm x 11. Bunga tanaman murbei beragam berbentuk tandan, mahkota bunga tanaman murbei berbentuk tajuk kecil keputihan. Buah tanaman murbei buahnya buni dikala sewaktu masih muda berwarna putih kehijauan dikala sudah matang buahnya akan berwarna merah kehitaman dan terasa manis. Biji tanaman murbei ini berbiji kecil berwarna hitam. Budidaya tanaman murbei ini perkembangbiakannya memakai cara stek. Habitat tanaman murbei berada pada kawasan yang tanah yang lembab beriklim tropis dan subtropis dengan curah hujan tahunan sekitar  250 mm, dengan syarat hidup dari dataran rendah sampai ketinggian 4.000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Murbei Yang Digunakan

Daun, buah, ranting, dan akar.

Kandungan Tanaman Murbei

Tanaman murbei mengandung senyawa ecdysterone, inokosterone, lupeol, β-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehida, eugenol, linalol, benzyl alkohol, butylamine, aseton, kholine dan quercetin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Murbei Bagi Kesehatan
  1. Tanaman murbei berguna untuk mengobati sakit rematik.
  2. Tanaman murbei bermanfaat sebagai obat sakit radang kulit.
  3. Tanaman murbei mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit hipertensi.
  4. Tanaman murbei dipakai sebagai obat sakit bisul.
  5. Tanaman murbei untuk mengobati sakit sebab digigit ular 
  6. Akar tanaman murbei ini bersifat mendinginkan, obat diuretik, dan ganguan saraf.
  7. Tanaman murbei untuk obat analgesik, obat batuk.
Catatan

Konsumsilah obat herbal tanaman murbei ini dengan bijak dan sesuai takaran


Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Murbei (Morus Alba L)"