Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)

 Tanaman lampes yaitu flora semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)
Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)


Deskripsi Tanaman Lampes

Tanaman lampes yaitu flora semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman lampes ini sanggup dijumpai pada tempat tepi hutan, ladang, dan tepi sawah. Nama latin flora lampes adalah Ocimun Sanctum L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tananaman lampes mempunyai nama Holy Basil, Tulasi, dan Tulsi. Menurut sejarah asal flora lampes ini berasal dari tempat tropis Asia Barat. Persebaran flora lampes ini dari tempat India, Indonesia, Thailand, Asia Barat, Australia, Semenanjung Arab, Kepulauan Melayu, Malaysia dan Kepulauan Pasifik Ciri-ciri flora lampes ini mempunyai daun yang kecil menyerupai flora kemangi namun agak keunguan pada daun dan batangnya. Fungsi dan kegunaan flora lampes bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai flora liar atau gulma. Namun sering tidak kita ketahui ternyata tanaman obat lampes ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk  mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Lampes

Jawa Tengah : Lampes 
Sunda : Lampes
Madura : Kemanghi
Bali : Uku-uku
Ternate : Lufe-lufe 

Klasifikasi Tanaman Lampes

Kingdom: Plantae
Order: Lamiales
Family: Lamiaceae
Genus: Ocimum
Species: O. tenuiflorum
Binomial name: Ocimum tenuiflorum atau Ocimum sanctum L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Lampes

Tanaman lampes merupakan salah satu jenis dari keluarga flora berbunga (Lamiaceae). Tanaman lampes ini termasuk flora semak tahunan bangun tegak, bercabang banyak dengan ukuran flora sekitar  30-60 cm, Batang flora lampes ini berwarna hijau atau ungu, berbulu pada ujung batangnya. Daun flora lampes berbentuk bundar lonjong bergerigi berwarna hijau keunguan dengan ukuran sekitar 2-5 cm, pertulangan daun menyirip. Daun flora lampes ini mempunyai busuk yang sangat wangi. Daun flora lampes ini mempunyai tangkai daun. Akar flora lampes ini berakar tunggang dan serabut berwarna coklat keputihan. Bunga flora lampes ini bunganya beragam malai berwarna putih keunguan  bertandan memanjang. Bunga flora lampes biasanya akan muncul dari Juni hingga Agustus. Biji flora lampes ini berbentuk bundar kecil menyerupai biji flora kemanggi. Budidaya flora lampes ini berkembangbiak dengan cara biji. Habitat flora lampes berada pada tempat yang tenaungi lembab sedikit sinar matahari 0 hingga ketinggian 600 m dpl.

Bagian Tanaman Lampes Yang Digunakan

Daun, dan Biji.

Kandungan Tanaman Lampes

Tanaman lampes mengandung minyak asiri, saponin, eugenol, euginal, asam urosolic, carvacrol,  linalool, limatrol, caryophyllene, metil carvico, methoxybenzene, sitosterol,  xylose dan polisakarida  flavonoid, dan polifenol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lampes Untuk Tubuh
  1. Tanaman lampes bermanfaat untuk sakit diabetes atau kencing manis.
  2. Tanaman lampes berguna sebagai obat batuk.
  3. Tanaman lampes dipakai untuk menghilangkan busuk badan.
  4. Tanaman lampes berguna untuk obat sariawan.
  5. Tanaman lampes untuk melancarkan pernapasan.
  6. Tanaman lampes sebagai obat anti basil e coli
  7. Tanaman lampes berguna untuk menurunkan kolestrol.
  8. Tanaman lampes berguna sebagai antioksidan.
  9. Tanaman lampes sebagai obat penyakit kanker.

Catatan 

Konsumsilah flora lampes ini dengan bijak dan sesuai takaran

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Lampes (Ocimun Sanctum L)"