Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)
link:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)

 ialah flora semak terna tahunan yang biasanya sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)
Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)




Deskripsi Tanaman Garut

Tanaman garut  ialah flora semak terna tahunan yang biasanya sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman garut ini sanggup dijumpai di ladang, persawahan, tepi hutan dan tempat lainnya. Nama latin flora garut Maranta Arundinacea L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari flora garut ini adalah  Arrowroot, Maranta, West Indian Arrowroot, Obedience Plant, Bermuda Arrowroot, Araru, Ararao, dan Hulankeeriya. Menurut sejarah asal permintaan flora garut ini berasal dari hutan hujan Amazon dari utara-barat Brasil dan negara-negara tetangganya. Persebaran flora garut ini di  Meksiko, Amerika Tengah, Hindia Barat (Kuba, Hispaniola, Puerto Rico, Trinidad, Lesser Antilles) dan Amerika Selatan (Brasil, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Suriname, Guyana, Guyana Prancis). Tanaman garut ini banyak dibudidayakan di banyak negara hangat dan dianggap naturalisasi di Jamaika, Bahama, Bermuda, Antilles Belanda, India, Sri Lanka, China (Guangdong, Guangxi, Hainan, Taiwan, Yunnan), Kazan Retto, Mauritius , Réunion, Equatorial Guinea, Gabon, Florida, Kamboja, Indonesia dan Filipina. Ciri-ciri fisik flora garut mempunyai berdaun menyerupai flora laos memanjang lancip dengan rimpang akar yang mengembang berwarna putih. Fungsi dan kegunaan flora garut ini bagi sebagian masyarakat pedesaan dipakai sebagai materi pokok pengganti nasi (tepung)  pada ketika demam isu paceklik. Namun yang tidak kita tahu ternyata flora garut ini sanggup dipakai untuk obat herbal alami dalam pengobatan banyak sekali macam penyakit.

Nama Daerah Tanaman Garut

Palembang : Sagu
Batak : Sagu Bamban
Melayu : Sagu Belanda, Sagu Betawi, Ubi Sagu 
Minangkabau : Sagu Rarut
Banten : Tarigu
Sunda : Patat Sagu, Larut
Jawa : Angkrik, Garut, Gaerut, Irut, Larut, Rarut, Jlarut, Klarut, Waerut
Madura : Arut, Larut, Laru, Salarut
Bali : Krarus, Marus
Sulawesi : Arerut Towang, Tawang, Labia Walanta, Pi Walanda
Maluku : Péda-péda, Péda Sula, Huda Sula, Hula Moa 

Klasifikasi Tanaman Garut

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Marantaceae
Genus: Maranta
Spesies: Maranta arundinacea L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Garut

Tanaman garut merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora patat-patatan (Marantaceae). Tanaman garut ini flora semak tahunan (perennial) berbatang lunak dengan tingginya sekitar 40-100 cm. Batang flora garut tipis terkadang bercabang banyak ke arah ujung. Daun flora garut  bertektur agak keras bercabang, berseling , tangkai daun berpelepah pada pangkalnya dengan helaian daun berbentuk lingkaran telur hinga lonjong, berwarna hijau atau kadang kala bergaris putih atau ungu kemerahan. Bunga flora garut berbentuk malai yang muncul pada ujung batang flora berwarna putih. Buah flora garut loncong berwarna merah bau tanah gundul dan terkadang berambut. Rimpang akar flora garut berdaging, berbentuk silinder berwarna putih atau kemerahan. Rimpang flora garut akan remaja dan matang untuk dipanen sekitar 300 - 365 hari sehabis masa tanam. Budidaya flora garut ini berkembangbiak dengan cara biji. Habitat flora garut ini berada pada tempat yang lembab dan berair tanah yang subur dengan curah hujan tahunan rata-rata di kisaran 1.500 - 2,000mm, tetapi mentolerir 700 - 4,000mm. Tanaman garut ditemukan pada dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Garut Yang Digunakan

Rimpang

Kandungan Tanaman Garut

Tanaman garut mengandung pati amilum, protein lemak, dan serat

Manfaat dan Khasiat Tanaman Garut Untuk Kesehatan
  1. Rimpang flora garut untuk mengobati sakit ganguan pecernaan menyerupai diare.
  2. Tanaman garut berguna untuk menyembuhkan sakit radang usus.
  3. Tanaman garut bermanfaat sebagai obat penawar racun 
  4. Pati flora garut yang diperoleh dari rimpangnya juga dipakai sebagai dasar untuk bedak wajah dan dalam beberapa jenis lem.
  5. Tanaman garut berguna untuk mengobati sakit kolik.
  6. Tanaman garut dipakai untuk mengobati sakit bisul susukan kemih.
  7. Bubuk dari rimpang flora garut berguna untuk mengobati sakit luka cacar.
Catatan

Ibu hamil dan menyusui tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal flora garut ini


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Garut / Jlarut (Maranta Arundinacea L)"

Posting Komentar