Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Flora Belimbing (Averrhoa Carambola L)

 Tanaman belimbing yaitu flora buah yang biasanya ada di sekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)
Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola L)


Deskripsi Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing yaitu flora buah yang biasanya ada di sekitar kita. Tanaman belimbing ini biasanya ditanam di pekarangan rumah, halaman depan rumah, dan sanggup juga ditanam sebagai flora tabulang pot. Nama latin flora belimbing adalah  Averrhoa Carambola L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari flora belimbing yaitu Star Fruit, Chinese Star Fruit Five Angled Fruit, dan Star Apple. Menurut sejarah asal undangan flora belimbing ini berasal dari Sri Langka dan Maluku. Persebaran flora belimbing ini dari Malaysia, Thailand, Israel, Filipina, Australia, Indonesia, China Selatan, India, Afrika Tropis, Pasifik Selatan, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. Ciri-ciri fisik dari flora belimbing ini yaitu flora pohon dengan buah yang mempunyai segi lima berwarna hijau kekuningan. Karakteristik rasa dari buah flora belimbing ini mempunyai rasa yang asam dan manis. Fungsi dan kegunaan flora belimbing untuk sebagian orang berguna untuk flora hias, buah dimakan, kayunya sanggup dijadikan perkakas dan kayu bakar,  dan buahnya dipakai untuk menciptakan jus dan selai. Namun yang jarang kita tahu flora belimbing ini ternyata sanggup juga dipakai untuk obat herbal flora belimbing dalam menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Belimbing

Sunda : Balimbing Amis
Batak : Asom Jorbing
Gorontalo : Lembetua
Makasar : Bainang Sulapa
Halmahera : Balibi Totofuko

Klasifikasi Tanaman Belimbing

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae
Genus: Averrhoa
Spesies: Averrhoa carambola L

Anatomi dan Morfologi Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora berbunga (Oxalidaceae). Tanaman belimbing merupakan flora pohon yang tingginya sanggup mencapai 12 m. Batang flora belimbing berkayu, bercabang banyak, berwarna coklat. Daun flora belimbing berdaun majemuk, menyirip, dengan ujung daun yang meruncing, pangkal daun membulat dan tepi daun rata. Bunga flora belimbing beragam malai, bunganya muncul pada batang, ranting atau ketiak daun. Buah flora belimbing buah buni, dengan ukuran sekitar 4-13 cm, berbentuk segi lima memanjang ibarat mirip bintang apabila kita membelahnya, buahnya berwarna hijau dikala masih mentah dan akan berwarna kuning orange dikala sudah matang. Tanaman belimbing sanggup menghasilkan buah sepanjang tahun. Biji flora belimbing lanset, berbentuk pipih, dan berwarna putih kecoklatan. Budidaya flora belimbing ini perkembangbiakannya dengan cara stek dan biji. Habitat flora belimbin di kawasan tropis lembab sampai ketinggian sekitar 1.200 meter, uhu berada dalam kisaran 24-30 ° C, tetapi sanggup mentolerir 5-39 ° C, dengan curah hujan tahunan rata-rata di kisaran 1.200 - 2,000mm, tetapi mentolerir 600 - 3,000mm.

Bagian Tanaman Belimbing Yang Digunakan

Daun dan buah

Kandungan Tanaman Belimbing

Tanaman belimbing pada cuilan daunnya mengandung alkaloid, saponin, dan flavonoid. Sedangkan pada cuilan buahnya mengandung glukosa, protein, lemak, kalsium, phospor, besi, dan Vitamin A,B,C.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Belimbing Untuk Kesehatan
  1. Buah flora belimbing untuk mengobati tekanan darah tinggi.
  2. Buah flora belimbing berguna sebagai obat sakit susah buang air besar.
  3. Buah flora belimbing berguna untuk mengobati sakit malaria.
  4. Buah flora belimbing bermanfaat untuk menyembuhkan batuk.
Catatan

Orang mempunyai riwayat penyakit tukak lambung, ibu hamil, dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi herbal flora belimbing.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Flora Belimbing (Averrhoa Carambola L)"