Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Gambir (Uncaria Gambir Hunter R.)

 Tanaman gambir yakni tumbuhan merambat yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Gambir (Uncaria Gambir Hunter R.)
Tanaman Gambir (Uncaria Gambir Hunter R.)


Deskripsi Tanaman  Gambir

Tanaman gambir yakni tumbuhan merambat yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman gambir sanggup ditemukan diladang dan hutan sekunder. Nama latin tumbuhan gambir yakni Uncaria Gambir Hunter R. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan gambir mempunyai nama Pale Catechu, dan White Catechu. Menurut sejarah tumbuhan gambir ini berasal dari Pulau Sumatra dan Kalimantan. Penyebaran tumbuhan gambir ini dari wilayah Semenanjung Malaya, Singapura, dan Indonesia (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Maluku). Ciri-ciri tumbuhan gambir yakni tumbuhan ini merambat, daun tunggal, bunga berbentuk lingkaran berkumpul berwarna merah muda dan hijau. Fungsi dan kegunaan tumbuhan gambir ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai materi pewarna, dan materi adonan menyirih. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan gambir ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman  Gambir

Indonesia : Gambir

Klasifikasi Tanaman Gambir 

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus: Uncaria
Spesies: Uncaria gambir Hunter R 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Gambir

Tanaman gambir merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari keluarga tanaman  Rubiaceae (suku Kopi-kopian). Tanaman gambir ini tumbuhan meramabat dengan cabang yang memanjan, saat muda batang tumbuhan gambir berbentuk segi empat. Daun tumbuhan gambir tunggal, saling berhadapan, berbentuk lonjong dengan pangkal membulat menyerupai jantung dengan ujung meruncing bertekstur agak licin, berwarna hijau dengan ukuran daun 5 hingga 15 cm. Bunga tumbuhan gambir tersunsun beragam dalam tangkai bunga dengan ukura 3-5 cm. Mahkota bunga tumbuhan gambir berwarna merah muda kehijauan  dengan bentuk corong menyerupai bunga pada tumbuhan kopi mempunyai benang sari yang berjumlah lima dengan kelopak bunga tumbuhan gambir pendek.  Buah tumbuhan gambir  berupa lingkaran lonjong dengan dua ruang, dengan ukuran 14-18 mm,  bersayap, dan bertangkai hingga 20 mm. Tanaman gambir bijinya berbentuk lingkaran lijong berwarn coklat dan juga bijinya berjumlah banyak. Cara berkembang biak tumbuhan gambir ini ada dua cara yaitu dengan  vegetatif (stek) dan generatif (biji). Habitat tumbuhan gambir ini berada pada 200- 1000 mpdl dengan syarat hidup tanah podsolik merah kuning hingga merah kecoklatan dengan curah hujan yang cukup dan cahaya matahari yang cukup banyak.

Bagian Tanaman  Gambir Yang Digunakan

Daun dan ranting.

Kandungan Tanaman Gambir

Tanaman akar gambir mengandung flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%), serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin) dan turunan dihidro- dan okso-nya.
Manfaat dan Khasiat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan
  1. Tanaman gambir untuk menbantu memperlancar proses pencernaan perut dan usus.
  2. Tanaman gambir mempunyai kegunaan mengobati sakit kepala.
  3. Tanaman gambir bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar.
  4. Tanaman gambir berguna untuk obat sakit diare.
  5. Tanaman gambir dipakai sebagai obat disentri.
  6. Tanaman gambir sebagai obat sariawan.
  7. Tanaman gambir dipakai untuk obat kumur.
  8. Tanaman gambir bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit.
  9. Tanaman gambir mempunyai kegunaan menyembuhkan sakit hepatitis dan luka pada hati.
Catatan Tanaman Gambir 

Konsumsilah herbal tumbuhan gambir ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Gambir (Uncaria Gambir Hunter R.)"