Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)

Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)
link:Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)

 Tanaman angsana yaitu pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)
Tanaman Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)



Deskripsi Tanaman Angsana

Tanaman angsana yaitu pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman angsana ini biasanya kita temui berada pada tempat pingir jalan, halaman depan rumah, tepi hutan dan lain-lain. Nama latin tumbuhan angsana yaitu Pterocarpus Indicus Willd. Sedangkan dalam bahasa inggris tumbuhan angsana ini mempunyai nama Malay padauk, red sandalwood, amboyna. Menurut sejarah asal tumbuhan angsana ini berasal dari tempat Asia. Jenis tumbuhan dari angsana di dunia ini ada tiga jenis. Ciri-ciri tumbuhan angsana mempunyai batang pohon yang besar, daun yang agak lebar dengan bunga yang berwarna kekuningan. Fungsi dan kegunaan tumbuhan angsana bagi sebagian orang dianggap sebagai tumbuhan peneduh dipingir jalan alasannya yaitu sifat tumbuhan angsana yang gampang menyesuaikan diri dan pertumbuhan tumbuhan yang cepat sehingga cocok untuk dijadikan tumbuhan peneduh. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan angsana ini juga mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Angsana

Jawa : Angsana, Sono Kembang, Sono Kayu, dan Sana Kapur.
Betawi : Babaksana.
Aceh : Asan.
Bima : Nara.
Batak : Sena, Sona, dan Hasona.
Nusa Tenggara : Kayu Merah
Maluku : Nara Lala, dan Lalan Ligna.
Sulawesi : Naakir, Acha, Patene, dan Candana.

Klasifikasi Tanaman Angsana

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Papilionaceae
Genus: Pterocarpus
Spesies: Pterocarpus indicus Willd.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Angsana

Tanaman angsana merupakan tumbuhan pohon yang termasuk dalam keluarga jenis tumbuhan polong-polongan (Papilionaceae). Tanaman angsana ini mempunyai ukuran yang sanggup mencapai 10 hingga 40 m. Kulit batang tumbuhan angsana mengandung getah yang berwarna merah. Ujung ranting tumbuhan angsana berambut. Tanaman angsana ini mempunyai dua jenis daun yaitu daun penumpu dan anak daun.  Daun penumpu tumbuhan angsana ini berbentuk langset dengan panjang 1-2 cm, letak daunnya berseling. Sedangkan anak daun tumbuhan angsana berbentuk bundar telur memanjang meruncung dan tumpul, pada bab depan daun bertekstur mengkilat. Jumlah anak daun tumbuhan angsana 5-13 helaian. Tanaman angsana mempunyai jumlah bunga yang banyak yang berbau harum. Kelopak bunga tumbuhan angsana  berbentuk lonceng terkadang juga berbentuk menyerupai tabung bergigi dan mempunyai ukuran tinggi kurang lebih 7 mm. Mahkota bunga tumbuhan angsana berwarna kuning orange. Dengan ukuran panjang bunga tumbuhan angsana 7-11 cm, dengan panjang anak tangkai bunga tumbuhan angsana 0,5- 1,5 cm. Tandan bunga berambut coklat, muncul di ujung dan ketiak daun dengan jumlah sedikit dan tidak mempunyai cabang. Bakal buah tumbuhan angsana berambut lebat dan bertangkai pendek. Setiap buah tumbuhan angsana mempunyai bakal biji berjumlah 2 hingga 6 biji. Buah tumbuhan angsana berbentuk polong bersayap agak bundar dan puncuk buah menyerupai duri. Akar tumbuhan angsana ini berakar papan atau banir yaitu perkembangan pangkal akar lateral yang berfungsi untuk menegakkan berdirinya tajuk (batang) tumbuhan. Habitat tumbuhan angsana berada pada hutan tempat tropis dengan ketinggian kurang dari 500 mdpl. Budidaya dan pembibitan tumbuhan angsana ini melalui biji maupun dengan stek cabang dan rantingnya. Namun yang sering dilakukan dengan diperbanyak melalui stek alasannya yaitu cepat tumbuhnya.

Bagian Tanaman Angsana Yang Digunakan

Kulit kayu, getah (resin), dan daun muda.

Kandungan Tanaman Angsana

Kulit, daun, dan biji tumbuhan angsana mengandung zat pahit dan saponin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Angsana
  1. Tanaman angsana bermanfaat untuk mengobati sakit sariawan.
  2. Tanaman angsana berkhasiat untuk menyembuhkan sakit bisul, borok dan mengobati luka.
  3. Tanaman angsana untuk mengobati sakit kerikil ginjal.
  4. Tanaman angsana dipakai sebagai obat peluruh kencing (diuretik), memperbanyak air kencing, sistitis ( radang kandung kemih), dan sifilis.
  5. Tanaman angsana sebagai obat sakit kencing manis.
Catatan

Konsumsilah herba tumbuhan angsana ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Flora Angsana (Pterocarpus Indicus Willd)"

Posting Komentar