Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)

Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)
link:Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)

anyang yakni tumbuhan yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)
Tanaman Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)


Deskripsi Tanaman Anyang-anyang

Tanaman anyang-anyang yakni tumbuhan yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman anyang-anyang ini biasanya hidup hutan dan tempat yang lembab dan berair. Tanaman anyang-anyang ini tersebar mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, dan di Asia juga terdapat di Myanmar, Indo-China, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Nama latin tumbuhan anyang-anyang yakni Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith. Sedangkan dalam bahasa inggris tumbuhan anyang-anyang mempunyai nama Lily Of The Valley Tree. Ciri tumbuhan anyang-anyang ini yaitu daun yang kecil memanjang menyerupai dasi dengan bunga yang berwarna putih, merah cerah berambut. Fungsi dan kegunaan tumbuhan anyang-anyang ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai tumbuhan hias sebab mempunyai bunga yang indah. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan anyang-anyang ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Anyang-anyang

Sunda : Anyang-anyang, Ki Sambit
Sumatera : Anyang-anyang
Jawa : Anyang-anyang, Kemaitan, Maitan, Raja Sor, Rejasa

Klasifikasi Tanaman Anyang-anyang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Elaeocarpaceae
Genus: Elaeocarpus
Spesies: Elaeocarpus grandiflora J.E.Smith

Anatomi dan Morfologi Tanaman Anyang-anyang

Tanaman anyang-anyang merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan berbunga (Elaeocarpaceae). Tanaman anyang-anyang pohon tinggi dengan ukuran tinggi batang 6-24 m. Daun tumbuhan anyang-anyang berbentuk lanset, bertangkai dan tumbuh berjejal di ujung ranting. Daun tumbuhan anyang-anyang dikala muda berwarna hijau sedangkan yang telah bau tanah akan berwarna merah api. Bunga tumbuhan anyang-anyang bertandan tumbuh mengantung dengan jumlah bunga 4-6, panjang bunga tumbuhan anyang-anyang 2-10 cm. Panjang tangkai bunga tumbuhan anyang-anyang 3 hingga 4,5 cm. Kelopak bunga tumbuhan anyang-anyang berwarna merah cerah berambut. Mahkota bunga tumbuhan anyang-anyang berwarna putih, pangkal mahkota bertekstur sisik, ke arah ujung melebar terbagi dalam taju dan mempunyai panjang ukuran 2-2,5 cm. Tonjolan dasar bunga tumbuhan anyang-anyang berambut halus menyerupai bulu dan rapat. Benang sari tumbuhan anyang-anyang berambut. Kepala putik tumbuhan anyang-anyang tidak melebar. Bakal buah tumbuhan anyang-anyang berbentuk telur dan berambut. Buah tumbuhan anyang-anyang berbentuk bundar lonjong dengan warna hijau dengan ukuran 3 cm. Habitat tumbuhan anyang-anyang berada  di hutan terutama di pinggir air (tempat basah), di ketinggian di bawah 500 m dpl. Cara berkembang biak tumbuhan anyang-anyang ini memakai biji dan stek. Cara menanam tumbuhan anyang-anyang ini di tumbuhan pada tanah atau dalam pot yang mempunyai kandungan unsur hara yang tinggi dengan kelembapan yang cukup.

Bagian Tanaman Anyang-anyang yang Digunakan

Buah, kulit kayu, akar, dan daun

Kandungan Tanaman Anyang-anyang

Tanaman anyang-anyang mengandung elaeokarpid (zat pahit dan beracun) dan saponin.

Manfaat dan  Khasiat Tanaman Anyang-anyang Untuk Kesehatan
  1. Tanaman anyang-anyang untuk peluruh kencing (deuritik).
  2. Tanaman anyang-anyang berguna sebagai obat sakit sifilis atau kencing nanah
  3. Tanaman anyang-anyang dipakai untuk menyembuhkan sakit radang atau infeksi kandung kemih.
  4. Tanaman anyang-anyang bermanfaat untuk mengobati sakit demam.
  5. Tanaman anyang-anyang berguna mengobati cacingan.

Catatan

Konsumsilah herbal tumbuhan anyang-anyang ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Anyang-Anyang (Elaeocarpus Grandiflora J.E.Smith)"

Posting Komentar