Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Gres Cina (Artemisia Vulgaris L.)

 Tanaman gres cina yaitu tumbuhan semak yang sering kita temui disekitar kita Manfaat dan Khasiat Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)
Tanaman Baru Cina (Artemisia Vulgaris L.)


Deskripsi Tanaman Baru Cina

Tanaman gres cina yaitu tumbuhan semak yang sering kita temui disekitar kita. Tanaman gres cina ini mempunyai nama latin Artemisia Vulgaris L. Sedangkan dalam bahasa inggris tumbuhan gres cina ini mempunyai nama Mugwort atau Common Wormwood. Ciri-ciri tumbuhan gres cina ini mempunyai bunga yang kecil berbentuk lingkaran berwarna keputihan dengan batang tumbuhan berwarna coklat kemerahan. Fungsi dan kegunaan tumbuhan gres cina bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai tumbuhan liar dan gulma. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tumbuhan gres cina ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Baru Cina

Sunda : Daun Manis, Brobos, Krebo, Beunghar Kucicing, Jukut Lokot Mala,
Jawa : Suket Gajahan
Sumatra : Baru Cina
Maluku  : Kolo, Goro-goro Cina
Melayu : Baru Cina, Daun Sundalama, Daun Manis, Cam Cao

Klasifikasi Tanaman Baru Cina

Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Artemisia
Spesies : Artemisia Vulgaris L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Baru Cina

Tanaman gres cina yaitu salah satu jenis tumbuhan dari suku tumbuhan berbunga (Asteraceae). Tanaman gres cina ini mempunyai percabangan banyak, beralur, terdapat bulu halus di batang tanaman, dan ukuran tumbuhan gres cina ini sanggup mencapai tinggi 1 m, batang berwarna merah kecokltan.Daun tumbuhan gres cina berbentuk lingkaran menyerupai telur, tepi daun terbagi, atau menjari.  Tanaman gres cina  daun meruncing pada ujungnya, bab atas dan bawah daun terdapat bulu halus,  dan berwarna hijau. Daun tumbuhan gres cina tumbuh berseling diantara batang tanaman. Tanaman gres cina berbunga beragam dengan ukuran bunga yang tergolong kecil. Bunga tumbuhan gres cina berbentuk bonggol yang tersusun dalam rangkaian berbentuk melalai, berwarna putih kekuningan. Bunga tumbuhan gres cina muncul pada bab atas tangkai daun dan ujung tangkai tanaman. Buah tumbuhan gres cina berbentuk menyerupai jarum, berukuran kecil, dan berwarna kecokltan  Akar tumbuhan gres cina tunggang berwarna kuning kecoklatan. Tanaman gres cina berkembang biak memakai biji. Tanaman gres cina tumbuh baik pada tanah yang mempunyai unsur kandungan nitrogen yang diatas rata-rata. Habitat tumbuhan gres cina berada pada wilayah yang mempunyai iklim sedang.

Bagian Tanaman Baru Cina Yang Digunakan

Seluruh bab tanaman.

Kandungan Tanaman Baru Cina

Tanaman gres cina mengandung phellandrene, candinene, alkohol, alfa-aamrin, fernenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen -4 -ol, beta karyophyllene, 1- quebrachitol, inulin (atemose), oxytocin, yomogi, dan rindetin.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Baru Cina Untuk Kesehatan
  1. Tanaman gres cina untuk mengobati diuretikum.
  2. Tanaman gres cina berguna untuk melancarkan peredaran darah.
  3. Tanaman gres cina untuk menghilangkan rasa dingin. 
  4. Tanaman gres cina dipakai sebagai obat untuk menghentikan pendarahan (hemostastik).
  5. Tanaman gres cina bermanfaat untuk mencegah keguguran, sulit menerima keturunan, mempermudah persalinan.
  6. Tanaman gres cina berguna sebagai obat untuk mengatur menstruasi, haid berlebihan, dan keputihan.
  7. Tanaman gres cina untuk mengobati sakit mimisan (epistatis), muntah darah (hematemisis), dan pendarahan usus.
Catatan 

Tanaman gres cina mempunyai efek samping rebusan daunnya mengakibatkan verbal kering, rasa tidak lezat dilambung, mual, muntah, mencret, dan pusing pada beberapa orang yang mengokonsumsinya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Gres Cina (Artemisia Vulgaris L.)"