Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)

 Tanaman bengang ialah tanaman pohon yang sering kita jumpai di sekitar kita Manfaat dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)
Tanaman Bengang ( Neesia Altissima Bl.)


Deskripsi Tanaman Bengang

Tanaman bengang ialah tanaman pohon yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman bengang ini sanggup ditemukan pada wilayah Jawa, Sumatra, Malaysia dan Kalimantan. Nama latin tanaman bengang adalah  Neesia Altissima Bl.  Ciri-ciri tanaman bengang ini buahnya seakan-akan buah durian namun berbentuk agak kotak dan sedikit kehitaman. Fungsi dan kegunaan tanaman bengang bagi sebagian orang dianggap sebagai tamanan liar namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman bengang ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali jenis penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Bengang

Jawa : Ki Bengang
Indonesia : Bengang, Buah Bengang

Klasifikasi Tanaman Bengang

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Bombacaceae
Genus: Neesia
Spesies: Neesia altissima (Bl.) Bl.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bengang

Tanaman bengang merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Bombacacea. Tanaman bengang ini pohonnya besar dengan ukuran tinggi hingga 40 m dan berdiameter 40 cm. Tanaman bengang mempunyai batang yang berbentuk lingkaran dengan kulit batang  yang berwarna coklat keabu-abuan, bertekstur retak hingga agak beralur, biasanya mengelupas dalam kepingan-kepingan. Tajuk tanaman bengang ini lebat berbentuk silinder, dan lingkaran di ujungnya. Tanaman bengang berdaun tunggal, tebal, berbentuk lingkaran terbalik hingga lingkaran lonjong memannjang, dengan ujung tanaman rata atau berlekuk, permukaan bawah tanaman bengang biasanya berbulu, namun akan  berbulu lebat jika masih muda. Urat daun tanaman bengang menonjol pada permukaan bawah daun, tangkai daun tanaman bengang panjang melebar pada ujungnya yang bersahabat dengan lembar daun. Bunga tanaman bengang mempunyai ukuran yang agak besar berwarna merah jambu hingga putih. Tanaman bengang bunganya muncul  berkelompok pada ranting dan ketiak daun.  Buah tanaman bengang mempunyai ukuran yang cukup besar berwarna hitam berbentuk agak kotak. Ketika sudah matang dan keringang akan pecah. Buah tanaman bengang mempunyai duri pendek dan  tajam. Pada  belahan dalam tanaman bengang berbulu keemasan, jika terkena kulit akan terasa gatal. Biji tanaman bengang berbentuk lingkaran agak lonjong, berwarna kecoklatan. Tanaman bengang sanggup dijumpai di hutan hujan primer yang lembab. Habitat tamanan pada kawasan yang mempunyai ketinggian  50-1.300 m dpl. Tanaman bengang berkembang biak dengan cara memakai biji dan stek batang.

Bagian Tanaman Bengang Yang Digunakan

Buah dan Daun.

Kandungan Tanaman Bengang

Belum diketahui.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bengang Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bengang untuk mengobati kencing bisul (Gonore).
  2. Tanaman bengang berkhasiat sebagai pencahar.
  3. Tanaman bengang dipakai untuk mengobati sakit diare.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman bengang ini dengan bijak dan sesuai takaran.  Cara mengkonsumsi buah dan daun tanaman bengang : Hilangkan bulu yang ada pada belahan yang akan dipakai kemudian daun dan buahnya di haluskan kemudian disangrai atau di bakar kemudian dicampurkan air.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Bengang ( Neesia Altissima Bl.)"