Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Bidara Bahari (Ximenia Americana L.)

 Bidara maritim yaitu tumbuhan semak perdu yang hidup berada di sekitar maritim Manfaat dan Khasiat Bidara Laut (Ximenia Americana L.)
Tanaman Bidara Laut (Ximenia Americana L.)


Deskripsi Tanaman Bidara Laut

Bidara maritim yaitu tumbuhan semak perdu yang hidup berada di sekitar laut. Tanaman bidara maritim ini mempunyai nama latin Ximenia Americana L. Sedangkan dalam dalama bahasa inggris tumbuhan bidara maritim ini mempunyai nama Tallow Wood. Tanaman bidara maritim ini tersebar pada kawasan sub tropis dan tropis. Ciri-ciri tumbuhan bidara maritim ini mempunyai daun yang berbentuk bundar lonjong dan buah berbentuk bundar berwarna merah. Buah tumbuhan bidara ini mempunyai rasa masam. Kegunaan dan fungsi tumbuhan bidara maritim bagi sebagaian orang diangap sebagai tumbuhan liar. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan bidara maritim ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Bidara Laut

Jawa : Widara Laut
Sumatra : Bidaro
Maluku : Warna-warna

Klasifikasi Tanaman Bidara Laut

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Santales
Famili: Olacaceae
Genus: Ximenia
Spesies: Ximenia americana L. 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bidara Laut

Bidara maritim merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari suku tumbuhan Olacaceae. Tanaman bidara maritim ini termasuk tumbuhan semak perdu dengan tinggi tumbuhan sanggup mencapai 4 m. Batang tumbuhan bidara ini kecil, berliku, percabanagan meranggas dan berkayu keras. Daun tumbuhan tumbuhan bidara maritim berbentuk bundar lonjong, agak tebal dan berwarna hijau. Buah tumbuhan bidara maritim berbentuk agak bundar dikala muda berwarna hijau sedangkan pada buah yang sudah bau tanah akan berwarna kemerahan. Biji tumbuhan bidara maritim bundar lonjong berwarna orange kecoklatan. Budidaya tumbuhan bidara maritim ini cara berkembang biaknya menggunkan biji. Habitat tumbuhan bidara maritim ini berada pada dataran rendah di sekitar pantai  tepi laut, pada savana kering, pinggir hutan atau hutan hujan yang renggang. Cara tanam bidara maritim ini memakai tanah berbatu atau berpasir dengan syarat hidup sedikit air dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Bidara Laut Yang Digunakan

Biji dan Akar

Kandungan Tanaman Bidara Laut

Tanaman bidara maritim mengandung tanin,  asam hidrosanik, minyak esensial, oleic, linoleic, linolenat, arakidonat, eicosatrienoic, erusat, asam nervonic, benzaldehida, sianida hydroxybenzyl dan isoforon.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bidara Laut Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bidara maritim dipakai untuk pencahar.
  2. Tanaman bidara maritim mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan sakit perut.

Catatan

Konsumsilah herbal tumbuhan bidara maritim ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Bidara Bahari (Ximenia Americana L.)"