Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Ngokilo (Strobilanthes Laevigatus Clarck)

 Tanaman ngokilo yakni tanaman semak yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Ngokilo (Strobilanthes Laevigatus Clarck)
Tanaman Ngokilo (Strobilanthes Laevigatus Clarck)


Deskripsi Tanaman Ngokilo

Tanaman ngokilo yakni tanaman semak yang sering kita jumpai disekitar kita. Nama latin tanaman ngokilo ialah Strobilanthes Laevigatus Clarck. Tanaman ngokilo berdasarkan sejarah berasal dari China. Ciri-ciri tanaman ngokilo ini mempunyai daun meruncing berwarna hijau dengan bunga berbentuk menyerupai terompet. Tanaman ngokilo merupakan kerabat akrab dari tanaman keji beling.  Kegunaan tanaman ngokilo bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai adonan pembuatan parfum. Namun yang jarang kita ketahui tanaman ngokilo ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Ngokilo

Jawa : Ngokilo 

Klasifikasi Tanaman Ngokilo

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Strobilanthes
Spesies: Strobilanthes laevigatus Clarck 


Anatomi dan Morfologi Tanaman Ngokilo

Tanaman ngokilo merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Acanthaceae. Tanaman ngokilo ini termasuk tanaman semak perdu yang pertumbahannya sanggup mencapai 3 m. Akar tanaman ngokilo berakar serabut berwarna putih. Batang tanaman ngokilo tegak, bertekstur lunak, beruas-ruas dan berwarna hijau. Daun tanaman ngokilo ini tunggal berbentuk lonjong, letak tersebar dengan ukuran panjang 8-13,5 cm dan lebar 3-4 cm tepi bergigi, ujung meruncing, pangkal daun tumpul, tulang daun menyirip, bertekstur kasar, tangkai daun berbentuk pipih dengan panjang tangkai 1 cm, dan berwarna hijau. Bunga tanaman ngokilo majemuk, berbentuk tandan lonjong, terletak di ujung batang, panjang tangkai bunga 2-2,5 cm dan berwarna hijau. Kelopak bunga tanaman ngokilo berbentuk terompet, dengan ujung segi lima, berbulu dan bertekstur kasar. Tanaman ngokilo mempunyai benang sari dengan ukuran panjang 3 cm, berjumlah dua, berwarna merah kekuningan. Putik bunga tanaman ngokilo mempunyai panjang 2,5 cm berwarna putih kekuningan. Mahkota bunga tanaman ngokilo berbentuk terompet dan berwarna merah kekuningan. Buah tanaman ngokilo berbentuk kotak lonjong yang terbungkus oleh kelopak dan berwarna hijau muda. Biji tanaman ngokilo berbentuk lingkaran dengan ukuran yang relatif kecil dan berwarna hitam. Tanaman ngokilo perkembangbiakkannya memakai biji. Habitat tanaman ngokilo berada pada dataran rendah hingga tinggi dengan syarat hidup curah hujan dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Ngokilo Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Ngokilo

Tanaman ngokilo mengandung zat alkaloid, saponin, dan polifenol

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ngokilo Bagi Kesehatan
  1. Tanaman ngokilo untuk menyembuhkan sakit batuk.
  2. Tanaman ngokilo dipakai untuk tonik rambut
  3. Tanaman ngokilo bermanfaat untuk menyembuhkan ambien (wasir)
  4. Tanaman ngokilo berguna untuk menyembuhkan dari gigitan ular.
  5. Tanaman ngokilo berguna untuk mengobati kolestrol dan darah tinggi.

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman ngokilo dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Ngokilo (Strobilanthes Laevigatus Clarck)"