Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)

 Tanaman kemukus yaitu flora rambat yang sering kita jumpai berada di sekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)
Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)






Deskripsi Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus yaitu flora rambat yang sering kita jumpai berada di sekitar kita. Nama latin flora kemukus ialah Piper Cubeba L.F. Sedangkan dalam bahasa inggris flora kemukus mempunyai nama Cubeb pepper, Java Pepper, dan tailed pepper. Asal flora kemukus asalnya tidak diketahui. Tetapi flora kemukus ini sebagian besar tumbuh di pulau Jawa dan Sumatra. Tanaman ini berdasarkan sejarah di jadikan komonditas rempah-rempah pedagang Arab dan India yang mana dijual ke kawasan Eropa. Ciri-ciri flora kemukus ini mempunyai daun yang menyerupai flora sirih dengan buah kecil-kecil berwarna hijau kemerah-merahan yang bergerombol membentuk menyerupai ekor. Tanaman kemukus ini merupakan kerabat akrab dari flora sirih. Fungsi dan kegunaan flora kemukus ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai bumbu rempah dalam masakan. Namun yang tidak kita ketahui ternyata flora kemukus ini mempunyai banyak sekali macam manfaat dan khasiat yang berguna untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kemukus

Sunda : Rinu
Melayu : Kemukus, Temukus
Madura : Kemokos
Makasar : Pamukusu

Klasifikasi Tanaman Kemukus

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae (suku sirih-sirihan)
Genus: Piper
Spesies: Piper cubeba L.F

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus merupakan salah satu jenis flora yang berasal dari keluarga flora sirih-sirihan (Piperaceae). Tanaman kemukus hidup merambat dan melilit pada flora lain. Batang flora kemukus tumbuh sepanjang 3-15 m. Akar flora kemukus berserabut berwarna kecoklatan. Batang flora kemukus berkayu, bercabang licin, dan tidak berbulu. Daun flora kemukus berbentuk menyerupai hati dengan ujung daun yang meruncing, permukaan daun berbulu dan penuh dengan bintik-bintik kelenjar. Bunga flora kemukus berbentuk bundar kecil menyerupai bulir. Tanaman kemukus mempunyai buah yang berbentuk bundar kecil berukuran 20 mm, buahnya berkumpul dengan tangkai buah yang agak panjang menyerupai ekor, dan berbau wangi. Buah flora kemukus dikala masih muda akan berwarna hijau sedangkan pada buah yang sudah bau tanah akan berwarna merah. Biji flora kemukus ini menyerupai flora merica berwarna putih, berminyak dengan rasa yang pedas. Budidaya flora kemukus mengunakan cara vegetatif stek cabang.  Habitat flora kemukus berada pada kawasan dataran rendah sampai pada ketinggian 700 m dari permukaan laut.

Bagian Tanaman Kemukus Yang Digunakan

Buah

Kandungan Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus mengandung zat sesquiterpan hidrat, asam cubeba, cubebin, minyak terbang, kadinen, sineol, turpineol, pati, gom, damar-damaran,  dan minyak tetap.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kemukus Untuk Kesehatan

  1. Tanaman kemukus berguna untuk mengobati penyakit asma (anti radang selaput lendir).
  2. Tanaman kemukus untuk menyembuhkan sakit kencing nanah.
  3. Tanaman kemukus dipakai sebagai obat sakit perut.
  4. Tanaman kemukus bermanfaat untuk menyembuhkan muntah.
  5. Tanaman kemukus berguna sebagai obat luka sinar matahari.
  6. Tanaman kemukus untuk meningkatkan nafsu makan.
  7. Tanaman kemukus berguna untuk obat pelepas angin.

Catatan 

Terlalu banyak mengkonsumsi herbal flora kemukus sanggup menjadikan sakit perut atau mencret.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kemukus (Piper Cubeba L.F)"