Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)

Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)
link:Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)

 Tanaman penawar jambe yakni tumbuhan semak yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)
Tanaman Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)


Deskripsi Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe yakni tumbuhan semak yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman penawar jambe ini sanggup dijumpai di tepi jalan dan halaman depan rumah. Nama latin tumbuhan penawar jambe adalah Cycas revoluta Thunb. Sedangkan dalam bahasa inggris tumbuhan penawar jambe mempunyai nama Cycad, dan Sago Palm. Tanaman penawar jambe ini berdasarkan sejarah berasal dari jepang. Tanaman penawar jambe kerabat bersahabat tanamn pakis haji. Ciri-ciri tumbuhan penawar jambe memilik daun yang berbentuk jarum dan  bunga bundar bergelugut. Fungsi dan kegunaan penawar jambe bagi sebagian orang dijadikan tumbuhan hias alasannya yakni bentuk tumbuhan yang indah dan menarik. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tumbuhan penawar jambe ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Penawar Jambe 

Jawa : Penawar Jamb, Sikas

Klasifikasi Tanaman Penawar Jambe

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Cycadophyta (sikad)
Kelas: Cycadopsida
Ordo: Cycadales
Famili: Cycadaceae
Genus: Cycas
Spesies: Cycas revoluta Thunb 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga  suku tumbuhan pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). Tanaman penawar jambe ini tumbuhan semak dengan ukuran tinggi tumbuhan 1-2 m. Akar tumbuhan penawar jambe berserabut dan berwarna hitam. Batang tumbuhan penawar jambe tegak berbentuk bundar dengan bekas tangkai daun yang menetap pada batang berwarna coklat kehitanaman. Tanaman penawar jambe batangnya terkadang bercabang. Tanaman penawar jambe mempunyai daun beragam berbentuk menyerupai jarum, panjang menyirip genap, ujung daun runcing tepi rata dengan panjang 10-15 cm dan berwarna hijau. Permukaan daun tumbuhan penawar jambe mengkilat. Bunga tumbuhan penawar jambe beragam berbentuk tandan. Bunga tumbuhan penawar jambe yang jantan bertangkai pendek, berbentuk kerucut dengan panjang 10-20 cm dan berwarna kuning. Bunga tumbuhan penawar jambe yang betina di kelilingi oleh bunga jantan yang berwarna kuning kecoklatan.  Buah tumbuhan penawar jambe  kotak berbentuk telur dengan diameter 1 cm dan berwarna hijau. Biji tumbuhan penawar jambe berbentuk bundar telur dengan ukuran panjang 1-2 cm dan berwarna coklat orange. Budidaya tumbuhan penawar jambe ini berkembang biak dengan memakai tunas, yaitu melalui pemisahan tunasnya. Habitat tumbuhan penawar jambe berada pada dataran rendah hingga tinggi dengan syarat hidup curah hujan dan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Penawar Jambe Yang Digunakan

Akar, daun dan Biji

Kandungan Tanaman Penawar Jambe

Tanaman penawar jambe mengandung zat cyacin, neocyacin (A,B,C,D,E,F, dan G), Sotet suflavone, criptoxanthine, dan zeaxanthine.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Penawar Jambe
  1. Tanaman penawar jambe untuk mengobati kanker.
  2. Tanaman penawar jambe berguna sebagai obat darah tinggi.
  3. Tanaman penawar jambe dipakai untuk menyembuhkan sakit TBC paru-paru dengan batuk darah.
  4. Tanaman penawar jambe bermanfaat untuk mengobati diare.
  5. Tanaman penawar jambe berguna sebagai batuk darah.
  6. Tanaman penawar jambe sebagai obat sakit lambung.
  7. Tanaman penawar jambe untuk menyembuhkan telat tiba bulan / menstruasi.
  8. Tanaman penawar jambe berguna untuk obat untuk orang yang kesulitan melahirkan.
Catatan 

Konsumsilah herbal tumbuhan penawar jambe dengan bijak dan sesuai takaran.




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Penawar Jambe (Cycas Revoluta Thunb)"

Posting Komentar