Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)

Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)
link:Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)

 Tanaman kalembak yaitu tanaman rempah herbal yang sering jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)
Tanaman Kalembak (Rheum Palmatum L)


Deskripsi Tanaman Kalembak

Tanaman kalembak yaitu tanaman rempah herbal yang sering jumpai disekitar kita.  Nama latin tanaman kalembak adalah Rheum Palmatum L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman kalembak memiliki nama Chinese rhubarb. Asal tanaman kalembak ini berdasarkan sejarah berasal dari China. Tanaman kalembak yang dibudidaya secara masal banyak terdapat di tempat Dieng, Jawa Tengah. Ciri-ciri tanaman kalembak ialah daun yang bergigi dengan ujung daun yang tidak rata, ukuran daun besar dengan bunga yang menjulai ke atas berwarna merah. Kegunaan dan fungsi tanaman kalembak ini banyak dipakai sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kalembak

Sunda : Kalembak
Jawa : Kelembak
Madura : Talembak

Klasifikasi Tanaman Kalembak

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Hamamelidae
Ordo: Polygonales
Famili: Polygonaceae
Genus: Rheum
Spesies: Rheum Palmatum L


Anatomi dan Morfologi Tanaman Kalembak

Tanaman kalembak merupakan tanaman rempah herbal yang memiliki ukuran besar, bangun tegak, termasuk tanaman tahunan, dengan ukuran tinggi lebih dari 2,5 m. Akar tanaman kalembak tebal,  berizoma, bercabang, hampir berdaging, dan berwarna kuning muda. Daun tanaman kalembak kebayakan roset yang radikal, berwarna hijau, berbentuk bundar, sebagian lagi membentuk susunan spiral dibatang yang tegak. Pangkal daun tanaman kalembak menjantung, serta cuping menjari kedalam, lingkaran menyerupai telur atau melanset. Perbungaan berbentuk malalai dan berambut. Bunga tanaman kalembak biseksual, dan daun tenda berwarna merah terkadang juga berwarna merah muda atau keputihan. Buah tanaman kalembak berbentuk segitiga, berwarna coklat, lebih panjang daripada mahkota bunga, bersayap tiga. Budidaya tanaman kalembak ini berkembang biak memakai biji. Habitat tanaman kalembak ini berada pada wilayah yang memiliki suhu yang dingin.

Bagian Tanaman Kalembak Yang Digunakan

Akar

Kandungan Tanaman Kalembak

Tanaman Kalembak mengandung zat asam krisofanat, krisofanin, rein-emodin, aloe-emodin, reokrisin, alizarin, glikogalin, tertrarin, dan katekin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kalembak Untuk Kesehatan
  1. Tanaman kalembak dipakai untuk obat deuritik.
  2. Tanaman kalembak untuk pembersih darah.
  3. Tanaman kalembak berguna untuk penambah nafsu makan.
  4. Tanaman kalembak bermanfaat untuk menurunkan panas.
  5. Tanaman kalembak berguna sebagai pereda kejang. 
  6. Tanaman kalembak berguna untuk mengobati penyakit hepatitis B.
  7. Tanaman kalembak untuk mengobati sembelit
  8. Tanaman kalembak dipakai untuk pencahar.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman kalembak dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Kalembak (Rheum Palmatum L)"

Posting Komentar