Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Kha Siat Flora Prana Jiwa ( Euchresta Horsfieldii (Lesch.) Benn)

 Tanaman prana jiwa yaitu tanaman perdu semak yang hidup di sekitar kita Manfaat dan Kha siat Tanaman Prana Jiwa ( Euchresta Horsfieldii (Lesch.) Benn)
Tanaman Prana Jiwa ( Euchresta Horsfieldii (Lesch.) Benn)

Deskripsi Tanaman Prana Jiwa

Tanaman prana jiwa yaitu tanaman perdu semak yang hidup di sekitar kita. Tanaman prana jiwa ini biasanya hidup di kawasan sekitar pegunungan. Nama latin prana jiwa yaitu Euchresta horsfieldii (Lesch.) Benn. Tanaman prana jiwa tersebar  dan sanggup di jumpai mencakup wilayah  Asia, India, Filipina, dan di Indonesia tersebar di Sumatera, Jawa dan Bal. Ciri-ciri tanaman prana jiwa yaitu daun yang berbentuk menyirip berkumpul menyerupai daun buah kelengkeng buah nya yang berwarna hitam kecil. Fungsi dan kegunaan tanaman prana jiwa bagi sebagian orang mungkin diangap sebagai tanaman semak liar dan hanya dipakai sebagai pakan binatang ternak. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman prana jiwa ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Prana Jiwa

Jawa : Prono Jiwo dan Palakija
Bali : Purnawija

Klasifikasi Tanaman Prana Jiwa

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Euchresta
Spesies: Euchresta horsfieldii (Lesch.) Benn

Anatomi dan Morfologi Tanaman Prana Jiwa

Tanaman prana jiwa merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari keluarga tanaman polong-polongan (Fabaceae). Tanaman prana jiwa ini termasuk tanaman semak perdu tegak dengan ukuran tinggi sanggup mencapai 1-2 m. Batang tanaman prana jiwa tegak berkayu berbentuk bulat, percabangan simpodial, tekstur permukaan batang berbintik dan berwarna hijau. Daun tanaman prana jiwa ini majemuk, tersusun spiral saling berhadapan, dengan jumlah daun berjumlah 3-5 helai daun, berbentuk lonjong, tepi daun tanaman prana jiwa rata, ujung daun meruncing sedangkan pangkal daun tumpul, dengan ukuran panjang 12-14 cm dan lebar 5-7 cm. Pertulangan daun tanaman prana jiwa menyirip, halus dan berwarna hijau. Bunga tanaman prana jiwa beragam berbentuk tandan tegak berbulu halus. Bunga tanaman prana jiwa ini muncul pada ketiak daun dengan tangkai bunga silindris. Kelopak bunga tanaman prana jiwa membuatkan yang terdiri atas lima helai daun dan berwarna hijau. Benang sari tanaman prana jiwa berbentuk silindris dan berwarna putih. Kepala putik tanaman prana jiwa berbentuk bundar dan berwarna kuning. Mahkota bunga tanaman prana jiwa mempunyai ukuran panjang 1,5- cm dan berwarna putih. Buah tanaman prana jiwa berukuran kecil, mengkilap, berbentuk lonjong, dengan ukuran panjang 1-2 cm, ketika belum masak buah tanaman prana jiwa berwarna hijau sedangkan dikala masak akan berwarna hitam kebiruan, tiap buah berisi satu biji. Biji tanaman prana jiwa berbentuk lonjong menyerupai ginjal dengan ukuran panjang 1,5-2 cm dengan lebar 1 cm dan berwarna hitam. Tanaman prana jiwa berkembang biak dengan cara biji dan stek batang. Habitat hutan sekunder dan lereng gunung dengan ketinggian antara 1.000-2.000 m dpl. Dengan syarat hidup pada kawasan yang lembab ternaungi, intensitas curah hujan yang tinggi dan sinar matahari yang sedikit.

Bagian Tanaman Prana Jiwa Yang Digunakan

Polong buah dan biji.

Kandungan Tanaman Prana Jiwa

Tanaman prana jiwa mengandung zat alkoloid (cystisine) dan vasokonstriktor.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Prana Jiwa Untuk Kesehatan
  1. Tanaman prana jiwa berguna untuk penguat syahwat.
  2. Tanaman prana jiwa dipakai untuk mengobati penyakit batuk berdarah (TBC). 
  3. Tanaman prana jiwa sebagai obat menetralisir racun ular.
  4. Tanaman prana jiwa untuk menyembuhkan sakit kepala.
  5. Tanaman prana jiwa berguna untuk menyembuhkan penyakit migran.
  6. Tanaman prana jiwa bermanfaat sebagai obat pembuluh darah yang menyempit.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman prana jiwa ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Kha Siat Flora Prana Jiwa ( Euchresta Horsfieldii (Lesch.) Benn)"