Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Horor Malaysia Yang Paling Seram

Bagi para pecinta film horor tanah air baru-baru ini niscaya merasa sedikit dimanjakan dengan kemunculan filn horor asal Malaysia berjuudul "Munafik." Film ini berhasil menghadirkan atmosfer kengerian yang mencekam dan sesuai selera pecinta film horor tanah air. Berbeda halnya dengan horor barat yang kadang kita kurang mengerti dasar dongeng yang disuguhkan. Kesan mencekam dalam film Munafik lebih terasa, alasannya ialah kedekatan kultur dan budaya antara masyarakat Indonesia dan Malaysia. Tema yang diangkat pun sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari sampai gampang dipahami. Dan ternyata selain Munafik, negri jiran, Malaysia juga tidak mengecewakan sering memproduksi film-film horor yang menyeramkan. Karena itu kali ini anehdidunia.com, akan membuatkan sedikit rujukan dari film horor angker asal Malaysia dalam, Film Horor Malaysia Yang Paling Seram versi anehdidunia.com


Munafik (2016)



Di Sutradarai oleh Syamsul Yusof yang sekaligus berperan sebagai pemeran utama dalam film ini. Munafik mengangkat fenomena kerasukan arwah yang banyak terjadi di negara-negara Asia. Film ini mengisahkan perihal usaha seorang Uztadz berjulukan Adam (Syamsul Yusof) dalam mengusir sosok arwah misterius dalam badan seorang perempuan berjulukan Maria. Maria sendiri merupakan putri seorang saodagar kaya yang mengalami sakit yang tak kunjung sembuh meski sudah berobat dengan segala macam metode medis. Belakangan diketahui bila penyakit yang dialami Maria bukanlah sakit yang biasa melainkan sakit akhir gangguan makhluk halus. Karena itu orang bau tanah Maria kemudian tiba ke kawasan Uztad Adam untuk meminta bantuan. Sahabat anehdidunia.com semenjak ketika itu satu demi satu insiden misterius dan mengerikan mulai menimpa kehidupan Uztad Adam yang memang sedang goyah Imanya akhir tamat hidup sang Istri akhir sebuah kecelakaan tragis. Segala dongeng di atas dirangkum dengan cukup bagus dalam film Munafik meski tanpa banyak menggunakan pengaruh khusus yang justru membuat kesan horor dalam film ini terkesan lebih natural. Hal ini terbukti dengan begitu meledaknya film ini di Malaysia dengan memecahkan rekor penjualan terbanyak sampai mencapai 19 juta Ringit. Padahal film ini dibentuk hanya dengan budget sekitar 1,6 juta Ringgit.


Histeria (2008)



Mengangkat dongeng perihal kisah mistis di lingkungan sekolah, Histeria merupakan film kode Sutradara James Lee yang tayang pada tahun 2008 yang lalu. Dalam film ini diceritakan usaha sebuah geng siswi bermana The Pink Ladies yang harus berjuang untuk bertahan hidup dari pembantaian yang dilakukan oleh sesosok warwah misterius di sekolah mereka. The Pink Ladies yang terdiri dari Alissa, Marina, Murni, Tini, Junita, dan Kerek ini, harus menginap di asrama sekolah sebagai eksekusi akhir ulah jahil mereka yang akal-akalan mengalami kesurupan di sekolah. Selama menginap di asrama ini mereka diwajibkan untuk membersihkan sekolah yang kala itu sedang libur. Saat membersihkan sekolah inilah salah satu dari mereka menemukan sebuah selendang berwarna kuning yang misterius. Karena intinya memang anak nakal anak, bukanya mengabaikan selendang itu siswi tersebut justru menyimpan selendang tersebut. Sahabat anehdidunia.com tanpa disangka selendang tersebut ternyata merupakan milik seorang arwah kejam yang kemudian memburu dan membunuh satu demi satu anggota geng Pink Ladies dengan trik yang tragis. Dalam film ini selain sosok hantu yang tidak mengecewakan menyeramkan, kita juga akan di suguhkan adegan-adegan sadis yang cukup banyak serta penuh darah yang membuat Histeria menjadi salah satu film horor paling mengerikan di Malaysia.


Jwanita (2015)



Dibintangi oleh jajaran artis papan atas Malaysia menyerupai Maya Karin, Bront Palarae, Christina Suzanne Stockstill, Marsha Milan London. Membuat Jwanita sudah diantisipasi akan menjadi film horor yang mmenjajnikan bahkan sebelum masa perilisanya. Terlebih lagi film ini di sutradarai oleh Osman Ali, seorang sutradara kenamaan Malaysia yang populer dengan film-film horor garapanya yang sangat menyeramkan. Sahabat anehdidunia.com Jwanita sendiri bercerita perihal seorang perempuan yang sering tersakiti dalam hidupnya dan puncak rasa sakit itu terjadi ketika laki-laki yang ia sukai justru lebih menyukai adik Jwanita sendiri. Merasa dendam dengan orang-orang yang melukainya Jwanita karnanya menentukan jalan sesat dengan menganut sebuah ilmu hitam yang membuatnya sanggup membangkitkan mayat. Dengan sumbangan mayit hidup ini Jwanita, kemudian mulai memburu dan membunuh setiap orang yang ia benci. Dalam film ini kita banyak disuguhkan adegan pembunuhan yang sadis serta scene yang penuh darah. Inilah yang menarik alasannya ialah berdasarkan sang sutradara Osma Ali semua darah yang dipakai dalam film ini merupakan darah insan orisinil yang ia impor.


Highland Tower (2013)



Dengan mengambil konsep 'found footage' atau pandangan kamera yang menggunakan sudut pandang para pemeranya. Highland Tower bisa dibilang memperlihatkan suguhan gres bagi para penikmat film horor di Malaysia. Film ini sendiri sebetulnya lebih menyerupai dokumenter alasannya ialah dibentuk dengan alur dongeng peburuan hantu di senbuah apartemen bau tanah berjulukan Highland Tower yang ada di selangor Malaysia. Sahabat anehdidunia.com apartemen yang dulunya merupakan hunian glamor ini sekarang terbengkalai akhir sebuah insiden tragis yang terjado apada tahun 1993 yang lalu. Kala itu apartemen yang memeliki 3 bangunan utama ini, salah satu gedungnya runtuh dan menimbulkan setidaknya 50 nyawa meninggal dunia. Setelah itu dua bangunan yang tersisa jadi terbengkalai alasannya ialah tak lagi dihuni dan konon menjadi sangat angker. Sisi historis inilah yang berusaha dimanfaatkan oleh sutradara Mohd Pierre Andre, dengan menggunakan konsep 'found footage' dalam pengambilan gambar film Highland Tower. Dan hal ini terbukti berhasil alasannya ialah Highland Tower benar-benar bisa menyuguhkan kesan angker sekaligus mistis dengan gambar yang terkesan sederhana namun nyata. Selain itu dalam film ini konon juga terdapat beberapa penampakan yang setrik tak sengaja terekam oleh kamera. ih!! serem ya ..


Claypot Curry Killers (2011)



Film horor malaysia ternyata tak melulu bercerita perihal setan. Hal inilah yang dibuktikan "Claypot Curry Killers" sebuah film horor bertema slasher asal Malaysia kode sutradara James Lee. Film ini meninggalkan tradisi horor Malaysia yang biasanya mengangkan kisah urban legend dan menggunakan sisi thriller mencekam dengan menyuguhkan dongeng perihal sebuah keluarga pembunuh berdarah cuek khas film-film thriller pada umumnya. Dalam film ini sitradara James Lee boleh dibilang mengaduk-aduk perasaan penonton dengan adegan-adegan sadis yang tergolong sinting yang diselingi dengan sisi drama dari kehidupan keluarga pembunuh ini. Claypot Curry Killers sendiri bercerita perihal sebuah keluarga pengelola restoran kari ternama dengan marga Chew. Sahabat anehdidunia.com keluarga ini digambarkan sebagai keluarga yang misterius meski mempunyai sebuah restoran kari ternama. Sisi misterius kelurga ini ternyata bekerjasama dengan resep diam-diam kari mereka yang berbahan dasar daging manusia. Dengan sosok Pearlly Chua yang berperan sebagai seorang Ibu yang penyayang, tapi di sisi lain juga misterius, dingin, hampir tidak punya emosi, dan “berhati” iblis. Membuat Claypot Curry Killers berhasil menyuguhkan atmosfer yang begitu mencekam sekaligus teramat sadis. Sangking sadisnya film ini bahkan tidak boleh tayang di Malaysia dan hanya bisa tampil di ajang pameran film.


Pontianak: Harum Sundal Malam (2004)



Pontianak: Harum Sundal Malam, merupakan film kode sutradara Shuhaimi Baba yang dirilis pada tahun 2004 yang lalu. Fim ini segera meraih kesuksesan paska dirilis berkat laur dongeng yang bagus serta akting para pemainya. Sangking suksesnya film ini bahkan eksklusif mendapatkan sekuel keduanya yang dirilis tak usang kemudian. Pontianak: Harum Sundal Malam sendiri merupakan sebuah film yang mengangkat kisah urban legend Pontianak (Kuntilanak) yang menggunakan setting tahun 1947 dan masa kini. Dalam film ini kita akan disuguhkan kisah dari seorang pnari ternama berjulukan Meriam (Maya Karin) yang berkat kecantikanya berhasil memikat dua saudagar kaya berjulukan Marsani dan Danial yang berasal dari desanya.

Namun ketertarikan dari dua saudagar ini justru menjadi malapetaka bagi Merian alasannya ialah sesudah ia menentukan salah satu saudagar yang berjulukan Danial dan menikah denganya. Saudagar lain yang berjulukan Marsani nampaknya tak sanggup mendapatkan keputusan yang di buat oleh Merian tersebut sampai karnanya merencanakan pembunuhan terhadap kembang desa pujaanya tersebut. Kisah ini kemudian berlanjut dengan dibunuhnya Meriam ketika ia tengah mengandung. Sejak tamat hidup Meriam ini, di desa mereka mulai sering terjadi insiden misterius yang berujung pada tamat hidup beberapa orang dibunuh dengan kejam. Sahabat anehdidunia.com dasar dongeng inilah yang dihukum dengan baik oleh sutradara Shuhaimi Baba dan para pemain drama Pontianak yang karnanya berhasil menggambarkan suasana horor yang kasatmata dalam tiap adegan yang ada. Selain itu akting Maria Karin juga mendapatkan kebanggaan alasannya ialah peranya yang begitu apik ketika mendalami huruf Meriam. Oh oya dalam film ini Maya Karim juga berperan ganda sebagai Meriam dan Maria. Hal ini menngingatkan kita pada akting almarhum Suzana yang juga berperan ganda sebagai Ayu dan Minati sekaligus dalam salah satu film horor legendaris Indonesia 'Malam Jumat Kliwon'.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa film horor asal Malaysia yang terbilang paling angker ketika ini. Semoga artikel ini bisa menambah rujukan tontonan film horor untuk sahabat anehdidunia.com. Dan sedikit saran sebaiknya kalau ingin menonton film dalam daftar di atas ajaklah satu atau dua orang teman, alasannya ialah film-film di atas benar-benar menyeramkan.

Referensi:
http://www.ngasih.com/2016/08/30/15-film-horror-malaysia-terbaik-terseram/
http://raditherapy.com/2011/11/inafff-2011-claypot-curry-killers/

Posting Komentar untuk "Film Horor Malaysia Yang Paling Seram"